Langkah-langkah pembuatan PT

Berkembangnya perekonomian di suatu wilayah akan memancing investor untuk mendirikan usaha di wilayah tersebut. Ini merupakan hal yang biasa terjadi pada iklim perekonomian di suatu negara. Ketika banyak investor yang ingin mendirikan suatu usaha, maka disitu juga jasa pendirian usaha seperti PT akan bermunculan untuk menawarkan jasa yang bisa mempermudah proses perizinan dalam mendirikan suatu usaha dengan bentuk Perseroan Terbatas.

Untuk membuat sebuah perusahaan memang diperlukan banyak faktor pendukung. Bukan hanya modal yang harus disiapkan, namun juga banyak hal lain yang berhubungan dengan tata cara pendirian sebuah perusahaan yang harus dipenuhi sebelum memulai suatu usaha. Terlebih jika jenis perusahaan yang ingin didirikan adalah Perseroan Terbatas atau PT, yang notabene merupakan perusahaan yang harus berbadan hukum jelas dan melalui pengesahan Menteri Hukum dan HAM RI. Tentu pendiriannya pun tidak akan semudah membuka kedai minuman ringan. Disinilah biasanya jasa pendirian PT diperlukan untuk membantu mengurus keperluan administrasi dan birokrasi serta kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan mendirikan sebuah PT.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jasa pendirian PT seperti apa yang harus dipilih, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat dan langkah apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah Perseroan terbatas. Syarat mendirikan PT ini diperlukan untuk melengkapi ketentuan yang diharuskan dalam pendirian sebuah Perseroan Terbatas.

Syarat mendirikan PT sesuai dengan ketetapan undang-undang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebuah PT harus didirikan oleh dua orang atau lebih

Perseroan terbatas haruslah didirikan oleh dua orang atau lebih karena didirikan atas dasar perjanjian. Yang dimaksud dengan orang dalam hal ini adalah seseorang yang berarti individu yang memiliki modal atau sebuah badan hukum yang ingin mendirikan sebuah usaha berdasarkan perjanjian dengan pihak lain.

  • Sebuah PT harus didirikan dengan akta otentik

Selain melakukan perjanjian antara dua orang atau lebih untuk mendirikan sebuah perusahaan, perjanjian untuk mendirikan PT juga harus dibuat melalui akta otentik dengan bantuan notaris. Akta dibuat dengan bahasa Indonesia yang jelas dan didalamnya memuat mengenai anggaran dasar perseroan. Akta ini kemudian diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk kemudian disahkan menjadi badan hukum. Jika akta pendirian PT tidak memuat unsur diatas, maka perjanjian untuk mendirikan PT dianggap batal demi hukum, atau jika pengajuan ditolak oleh Menteri Hukum dan HAM, maka PT berdiri tanpa berbadan hukum tetap.

  • Sebuah PT harus memiliki modal dasar perseroan

Untuk mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, diperlukan modal yang tidak sedikit memang. Diperlukan modal yang cukup untuk mendirikan sebuah perusahaan dengan bentuk Perseroan Terbatas. Ini juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas. Dalam perundang-undangan sendiri disebutkan jika modal dasar dalam sebuah perseroan adalah jumlah keseluruhan nilai nominal saham yang terdapat dalam perseroan. Modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan ditentukan dalam anggaran dasar perseroan.

Untuk memulai suatu usaha dengan badan hukum seperti Perseroan Terbatas, syarat perizinan mungkin menjadi hal yang paling membuat repot para pengusaha yang ingin mendirikan sebuah PT. Untuk mengurus hal tersebut anda bisa meminta bantuan jasa pendirian PT yang terpercaya dan sudah berpengalaman dibidangnya, agar semua masalah birorasi dan berbagai keperluan dokumen bisa segera dibuat dalam waktu yang relatif cepat.

Namun untuk memberikan gambaran sebelum memutuskan untuk menunjuk jasa pendirian PT yang anda percaya, ada baiknya mengetahui langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah perusahaan beserta persyaratan administratifnya. Berikut langkah-langkah dalam membuat Perseroan Terbatas.

1. Membuat akte perusahaan

Akte perusahaan merupakan syarat utama yang harus disiapkan dalam mendirikan sebuah Perseroan Terbatas. Akta yangdibuat harus menampilkan informasi seputar perusahaan seperti nama lengkap perusahaan, bidang usaha yang dijalani, nama-nama pemilik modal, struktur manajerial perusahaan, modal dasar yang dimiliki, besaran modal yang disetor, dan hal lain yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

2. Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat keterangan domisili usaha atau SKDU merupakan perizinan yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan setempat kepada suatu perusahaan yang menjalankan usaha di wilayah mereka. Biasanya surat ini dikeluarkan oleh pejabat di tingkat kecamatan atau kepala desa di suatu wilayah. Untuk membuat surat keterangan ini, biasanya dipungut biaya yang besarannya relatif berbeda di tiap-tiap daerah. Pastikan anda sudah membuat akta perusahaan sebelum mengajukan Surat keterangan domisili usaha di wilayah anda.

3. Membuat NPWP perusahaan

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha, baik itu perorangan ataupun badan usahan seperti Perseroan Terbatas. NPWP merupakan identitas wajib pajak yang berfungsi sebagai sarana dalam mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan perpajakan. Selain itu NPWP juga diperlukan sebagai syarat untuk membuat Surat Izin Usaha Perdagangan yang merupakan salah satu syarat mutlak dalam mendirikan perusahaan. Untuk mengurus NPWP, pemohon bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang beroperasi pada jam kerja biasa.

4. Mendapatkan SK Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Kemenkumham

Akte pengesahan yang ditandatangai oleh Menteri Hukum dan HAM melalui Kementrian Hukum dan HAM merupakan bagian dari legalisasi sebuah PT menjadi badan hukum. Untuk mendapatkan surat ini biasanya dibutuhkan akta perusahaan dan surat domisili usaha. Agar SK yang diajukan bisa segera diperoleh, anda bisa meminta bantuan jasa pendirian PT yang anda tunjuk untuk mengurus semua prosesnya.

5. Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

SIUP diperlukan dalam pendirian perusahaan seperti PT agar usaha bisa berjalan dan beroperasi dengan lancar. Untuk mengurus SIUP, biasanya jasa pendirian PT akan sangat membantu dalam hal ini, karena banyaknya dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi ketika mengajukan surat izin usaha ini.

Itulah syarat-syarat dan langkah yang harus dilakukan dalam mendirikan sebuah PT. menunjuk jasa pendirian PT yang terpercaya merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat waktu dan tenaga anda, karena iklim birokrasi yang terkadang bisa sangat berbelit-belit hingga seringkali membuat rencana usaha yang akan dijalankan menjadi terhambat.

Produk yang akan didapat dalam pengurusan pendirian PT

1  Cek dan Pemesanan Nama Perusahaan
2  Bukti Persetujuan pemakaian nama Perseroan Terbatas
3  Akta pendirian Perseroan Terbatas
4  Surat keterangan domisili perusahaan
5  NPWP-Nomor pokok wajib pajak
6  Surat keterangan terdaftar sebagai wajib pajak badan usaha / SKT
7  SK Pengesahan PT oleh Menteri Hukum dan HAM RI
8  SIUP-Surat izin usaha perdagangan
9  TDP-Tanda daftar perusahaan
 pendirianptcv.com

Leave a comment